Cara pasang jaringan dan settingan di warnet

April112013

CARA MEMASANG DAN SETTING JARINGAN WARNET

CARA MEMASANG  DAN SETTING JARINGAN WARNET

copy-of-topologi-warnet.jpg
Image By Lostmyidea.wordpress.com
SEOICT.blogspot.com Tutorial gamblang 
Mengenai Cara Memasang dan Setting Jaringan Warnet,
Terima Kasih Untuk MAS ARMAN BUDIMAN lostmyidea.wordpress.com , saya mohon maaf telah nyolong gambar dari blognya mas arman, alias menggunkan gambar tersebut tanpa izin. karena saya hanya iseng -iseng dan  ingin membagi dan share gratis kepada sahabat yang ada di seluruh penjuru indonesia , agar kita menjadi anak bangsa yang cerdas.
dan akhir kata tutorial saya cukup samapai disini , .... eh belum masih mau lanjut hayuek deuh kita teruskan.
bagi mas bro yang berminat membuka usaha kecil-kecilan seperti warnet  ya cukup sisihkan uang jajan sekitar 30 jutaan atau biar lebih hemat menggunakan N-Computing , tapi resikonya lebih guede dari pada PC biasa.

Hal-hal yang harus disiapkan seperti yang tercantum pada gambar diatas , alhamdulillah gambarnya Komplit ,
  • Kita butuh ruangan untuk mengisi peralatan warnetnya
  • Butuh jaringan internet , ya minimal yang sering terdengar dan ditelinga kita yaitu Speedy. silahkan dipesan sesuai kebutuhan warnet kita di khususkan untuk para gamer atau para bro - bro yang suka berselancar sekedar cari info seperti ini ,cukup duduk dihadapan mbah google dan langsung ketinkkan " Cara memasang dan Instalasi jaringan warnet" di seoict.blogspot.com
  • Untuk Modem ADSL biasaya udah dapet free dari pihak yang menyediakan layanan internet.
  • Komputer Terdiri dari SERVER dan CLIENT , usahakan komputer server lebih tinggi spesifikasinya dari client , biar gax terlalu lemot . 
  • HUB / SWICH  pembagi jaringan 
Oke kita mulai merakit dan mengatur jaringanya ,
Untuk koneksi internet biasanya para pelanggan langsung bisa mengunakannya, karena telah di set dari penyedia jasa layanan internet tersebut. jadi gak usah repot-repot mas bro.

  • Langkah Pertama , Pasangkan kabel LAN dari modem ADSL ke Hub Pada urutan 1 , ini merupakan gateway yang bisanya mendapatkan IP default 192.168.1.1 
  • Langkah Kedua , pasangkan  kabel lan dari hub lan no 2  >>> Ke server , biasanya hub terkini sudah mengatur IP secara otomatis . tapi ada baiknya  pada server kita  setting seperti gambar berikut ini.
ip+server.png
Klik Ajah untuk Meperbesar gambar

Nah Untuk Seterusnya tinggal kabel ke komputer Client.  Untuk komputer client bisa kita mulai dengan dengan IP 192.168.1.3 gatewaynya tetap 192.168.1.1 karena itu ip dari modem ADSL nya.
Catatan usahakan Settingan pada Client Sama seperti gambar , tinggal merubah IP adressnya saja. Detail   "Client 1     192.168.1.3  |  client2   192.168.1.4 | client3 192.168.1.5   dan seterusnya." Fungsi memasang ip setiap komputer agar tidak terjadi bentrok IP / Biasanya ditandakan dengan tanda seru pada icon LAN.

INSTALSI BILING
selanjutnya kita ke proses instalasi biling warnet sobat , Biling warnet ada yang free seperti handycaffe  tinggal download ajah dan yang berbayar Adalah biling exploler . tapi banyak crack tersedia.
inti dari instalasi software ini hanya terletak pada pilihan . karena pada saat instalasi kita tinggal memilih Untuk SERVER atau CLIENT  dan tinggal mengkonfigurasi ip Server pada masing-masing komputer client.
hal yang sangat mutlak adalah setting biaya biling , ini adalah wajib tergantung keingin anda menetukan tarif pada warnet anda.

Bersambung....mas bro..
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

1 tanggapan untuk "Cara pasang jaringan dan settingan di warnet"

siput gaul pada 15:24, 16-Sep-13

makasih mas bro atas infonya..... razz

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

 
Kembali ke Atas