8 Cara Membuat Slide Presentasi Powerpoint Anda Tampil Beda

May102013

1. Have a Killer Opening Slide

Slide pembuka yang menjadi awal presentasi adalah kesempatan Anda untuk menarik perhatian audiens. Karena itu, jangan ragu tampil beda. Gunakan gambar yang unik, menarik, dan warna yang mengundang perhatian. Lihat contoh berikut ini:

stunning-opening-slide

 

2. Use a Color Scheme

Menggunakan skema warna yang tepat menciptakan keharmonisan dan profesionalitas dalam presentasi Anda. Anda bisa menggunakan skema dengan melihat majalah, atau menggunakan skema sesuai yang sudah disediakan Powerpoint.

color-scheme

 

3. Use Stunning Visuals

Slide adalah alat komunikasi visual. Karena itu, gunakan gambar, diagram dan tampilan visual lainnya yang membantu audiens memahami ide Anda dengan cepat. Gunakan pula gambar yang mampu menarik perhatian, memancing rasa ingin tahu, dan membuat audiens selalu ingin mendengar kelanjutan presentasi.

finding-pictures

 

4. Get Your Text Right

Ingat, presentasi Anda hadir untuk dilihat seluruh audiens. Pastikan teks digunakan dengan tepat dan mudah dibaca. Gunakan ukuran font yang cukup besar sehingga tetap terlihat dengan baik oleh audiens yang duduk di kursi paling belakang sekalipun.

Jangan lupa menggunakan font yang berbeda-beda memang menarik, asal jangan sampai berlebihan sehingga membuat presentasi terlihat murahan.

get-your-text-right

 

5. Use CRAP

Ini adalah singkatan dari Contrast, Repetition, Alignment dan Proximity. Konsep ini dijelaskan sangat baik oleh Robin Williams dalam bukunya The Non Designer’s Design Book dan The Non Designer’s Presentation Book.

CRAP

Secara sederhana CRAP adalah:

 

Contrast – Kontras

Ciptakan perbedaan antara elemen-elemen dalam slide Anda. Kontras berfungsi untuk menciptakan perbedaan, perbandingan, dan membuat sesuatu jadi lebih menarik. Kontras dapat dibuat dengan memberikan ukuran berbeda, warna berbeda, atau tampilan yang berbeda.

contrast

 

Repetition – Pengulangan

Manfaatkan elemen yang bisa diulang dalam presentasi Anda antara satu slide dengan slide yang lain. Anda bisa mengulang warna, pola, tata letak dan banyak hal lainnya. Pengulangan menciptakan harmoni dalam keseluruhan slide presentasi.

repetition

 

Alignment – Perataan

Tidak ada elemen dalam slide presentasi berupa gambar atau teks yang diletakkan secara sembarangan. Semuanya diletakkan dengan maksud tertentu. Gunakan perataan yang konsisten untuk menjadikan slide Anda tampil indah sekaligus profesional.

alignment

 

Proximity

Setiap elemen dalam presentasi baik gambar dan teks menciptakan hubungan. Dekatkan elemen yang merupakan satu kesatuan dan beri jarak dengan elemen yang menjelaskan hal berbeda.

proximity

 

6. Use Video

Sesekali gunakan video dalam presentasi Anda. Persiapkan dengan baik agar video bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala teknis.

video

 

7. Share Your Presentation

Bagikan kepada dunia presentasi Anda. Dengan cara ini, Anda bisa memberi inspirasi kepada orang lain.

share-your-presentation

 

8. Recap

Selalu buat ringkasan atau kesimpulan dari presentasi Anda. Dengan demikian, audiens dengan mudah mengingat kembali seluruh poin penting yang dibahas untuk mereka bawa pulang.

recap-your-presentation

 

Selamat mendesain presentasi yang tampil beda dan luar biasa.

 
 

slide-inspiratif-footer-ads-500.jpg

 
 

Artikel ini menarik buat Anda?

Download buku PRESENTASI MEMUKAU - GRATIS
tips, trik dan teknik presentasi lainnya. 

New Graphic
Nama:
Email:

Kami menghormati privacy email Anda.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

7 tanggapan untuk "8 Cara Membuat Slide Presentasi Powerpoint Anda Tampil Beda"

deni otot pada 03:23 PM, 10-May-13

terus berkarya

Phejhenkbocahrantau pada 03:59 PM, 10-May-13

Ijin buat corat-coret dimari ya sobbiggrin

TShydik Fermana pada 04:28 AM, 11-May-13

@deni otot,

TShydik Fermana pada 04:28 AM, 11-May-13

@deni otot,
ok gan

TShydik Fermana pada 04:29 AM, 11-May-13

@Phejhenkbocahrantau,
silahkan ajja

TShydik Fermana pada 01:17 PM, 12-May-13

di coba gan

TShydik Fermana pada 01:17 PM, 12-May-13

di coba gan

Langgani komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

 
Kembali ke Atas